Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia dan Dunia Tahun 2021

Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia dan Dunia Tahun 2021
Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia dan Dunia Tahun 2021
 

Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia dan Dunia. Sebagai pencinta kopi, Anda ke
mungkinan sudah ingat kopi-kopi favorite pilihan Anda. Kemungkinan Anda pencinta americano, atau espresso, latte, cappucinno, ristretto, macchiato, flat white atau piccolo latte.

Harus dipahami, ada beragam tipe biji kopi. Sebagai satu antara negara pemroduksi kopi, pasti Indonesia mempunyai biji kopi terkenal, sebagai favorite tidak cuman orang Indonesia saja.

Apa beberapa jenis biji kopi terkenal di dunia dan Indonesia? Berikut ringkasannya, beberapa jenis biji kopi terkenal di dunia dan Indonesia


1. Kopi Toraja


Kopi toraja mempunyai dua variasi, yakni arabika dan robusta. Sama sesuai namanya, kopi Toraja datang dari Sulawesi Selatan.


Kopi Toraja populer sampai ke luar negeri, seperti Jepang dan Amerika. Kopi Toraja dipandang seperti minuman premium, bahkan juga telah dipatenkan oleh perusahaan Jepang namanya Key Coffee semenjak tahun 2005.


2. Kopi Wamena Papua


Kopi ini mempunyai rasa unik dengan wewangian cokelat dan floral. Rasa asamnya sedang dan bodi media. Kopi Papua ini tipe kopi arabika yang ditanamkan di Lembah Baliem pegunungan Jayawijaya, dengan ketinggian 2.000 mtr. di permukaan laut (mdpl). Kopi ini spesial karena ditanamkan memakai alat tradisionil.


3. Kopi Kintamani


Kopi kintamani ini datang dari Bali. Keunikan dari kopi Kintamani ialah ada rasa pahit sekalian berasa jeruk. Cita-rasa itu berasal karena petani kopi di Kintamani bertetangga dengan kebun jeruk hingga ada aftertaste fresh dari kopi Kintamani.


4. Kopi Flores Bajawa


Kopi Bajawa dari Flores ditanamkan pada ketinggian 1.000-1.550 mtr. di permukaan laut (mdpl) di perkebunan yang ada di Kabupaten Ngada, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kopi Flores mempunyai keunikan rasa nutty atau kacang-kacangan dan karamel. Teksturnya kental dengan kesan sedikit asam, namun tetap aman di lambung.


5. Kopi Gayo

Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia
Kopi Gayo


Kopi Gayo sebagai tipe kopi Arabika yang telah populer di beberapa penjuru dunia. Kopi ini diproduksi di wilayah Aceh tengah, persisnya di daratan tinggi Gayo, yang disebut pusat perkebunan dan produksi kopi terbaik di dunia.


Prosesnya lumayan panjang. Biji kopi diolah dalam oven sekitaran empat jam sampai capai kematangan 80 % di oven. Kemudian, biji kopi dipertambah dengan gula.


6. Kopi Luwak


Kopi ini jadi sasaran beberapa pecinta kopi di penjuru dunia.

Produksi yang paling terbatas jadikan kopi ini sangat jarang dan benar-benar mahal untuk mencicip satu cangkir kopi luwak ini. Kopi luwak dibuat proses dari yang unik.


Baca Juga : Kopi Terbaik Indonesia Yang Tembus Pasar International

Posting Komentar untuk "Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia dan Dunia Tahun 2021"