Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Kopi Robusta Terbaik Di Indonesia go-internasional

   

Jenis Kopi Robusta Terbaik Di Indonesia
Jenis Kopi Robusta Terbaik Di Indonesia

  Jenis Kopi Robusta Terbaik Di Indonesia go-internasional. Untuk beberapa pencinta kopi, tentu saja tidak asing dengan kopi robusta. Robusta tersebut sebagai salah satunya tipe tanaman kopi yang banyak memiliki fansnya, apa lagi di Indonesia sendiri. Nach, untuk opsi tipe kopi robusta yang terenak di Indonesia ada berbagai macam gan. Karena itu dalam artikel ini akan membahas 3 tipe kopi robusta terbaik Indonesia yang mempunyai rasa paling enak.

Tetapi sebelumnya sebaiknya kita ketahui dahulu sebetulnya apakah itu kopi robusta, karena tidak semuanya orang ketahui seperti apakah kopi tipe ini dan rasanya seperti apakah. Mempunyai nama ilmiah Coffea Canephora, nama robusta tersebut diambil dari kata "robust".

Robust tersebut memiliki arti kuat. Sesuai makna dan namanya itu, tipe kopi robusta memang mempunyai cita-rasa yang kuat dan condong lebih pahit daripada tipe kopi arabika. Lantas biji kopi robusta sering dipakai bahan baku kopi siap sajian dan pencampur kopi racikan untuk menambahkan cita-rasa kopi. Disamping itu, umumnya dipakai untuk membikin minuman kopi berbasiskan susu seperti cappuccino, café latte dan macchiato.

Untuk di Indonesia sendiri, kopi robusta memang menjadi satu diantara tipe kopi yang banyak disukai. Karena harus dipahami gan jika Indonesia sebagai salah satunya negara pemroduksi kopi robusta paling besar di dunia. Mayoritas dari perkebunan kopi yang berada di Indonesia sendiri ditanam kopi tipe robusta.

Oleh karenanya juga, jadi tidak bingung terdapat banyak tipe kopi robusta yang berbeda setiap wilayahnya. Misalnya untuk di Pulau Jawa dan Sumatera mempunyai rasa yang lain walau sebenarnya tipe kopinya sama tipe robusta. Karena itu silahkan kita saksikan beberapa opsi kopi tipe robusta yang berada di Indonesia tentu saja dengan rasa yang terbaik.


Kopi robusta Lampung


Buat lo yang pernah dengar jika wilayah Lampung mempunyai kopi dengan rasa yang nikmat, itu tidak cuma hisapan semata. Karena, wilayah Lampung sendiri mempunyai tipe kopi robusta terbaik di Indonesia. Bahkan juga penjualannya juga tidak bermain-main gan. Capai pasar internasional loh, jadi tidak bingung jika beberapa orang yang cari kopi robusta yang dari Lampung.

Kopi robusta Lampung ini ditanamkan di atas ketinggian sekitaran 600 mdpl. Lantas dari letak geografis, cuaca, dan keadaan tanah yang subur membuat kopi robusta Lampung ini mempunyai cita-rasa yang lain daripada kopi robusta yang lain.


Kopi Robusta Dampit Malang


Jika lo ingin cari sebuah kopi robusta yang unik, Robusta Dampit Malang dapat menjadi satu diantara opsi lo. Kopi itu datang dari Kecamatan Dampit. Yang disebut salah satunya teritori yang hasilkan tipe kopi robusta yang cukup populer. Kepuasan dari kopi robusta dari wilayah Dampit juga sebagai hal yang tak perlu untuk ditanyakan.

Tanpa kecuali kopi Robusta Dampit malang ini sudah populer sampai luar negeri. Penjualannya juga telah banyak di daratan Eropa. Bahkan juga cukup banyak orang Eropa sebagai fans dari kopi ini. Dan kopi ini mempunyai rasa yang khusus atau special taste. Ini karena biji kopi ini ditanamkan atau diperbudidayakan di tempat dengan ketinggian 800 mdpl dan mempunyai kontur tanah yang subur.

Tidak itu saja, 90% hasil dari pengembang biakan dari kopi Robusta Dampit Malang ini di export ke luar negeri. Oleh karenanya, tidaklah aneh jika kopi asal Malang benar-benar populer baik dalam negeri atau di luar negeri. Hitung-hitung akan bawa nama baik Indonesia secara go-international.


Kopi Robusta Bali Tabanan


Buat lo penikmati kopi sejati, kurang rasanya jika lo tidak mencicip beberapa opsi kopi yang dari Bali. Satu diantaranya adalah Robusta Bali Tabanan. Kopi yang memilki rasa yang unik dan beraroma harum cokelat yang memikat.

Akhir-akhir ini, cita-rasa kopi dari Pulau Dewata itu terus diperkembangkan, karena banyak orang mengenali kopi arabika dari Kintamani yang sudah go-international. Kemungkinan beberapa dari lo belum mengenali kopi yang ditanamkan di wilayah Pupuan oleh petani lokal.

Walau harga biji kopi robusta yang murah, rasanya begitu nikmat bila lo menyeruput. Rasanya condong tidak begitu pahit, karena biji kopi itu tumbuh di atas ketinggian 400-700 mdpl, ditambahkan cuacanya sejuk. Untuk kebun kopinya, ada di 14 dusun yang diatur oleh petani lokal. Tiap musim tanam, mereka usaha cari bibit unggul yang dapat hasilkan biji kopi prima. Warga dusun sama-sama bersama-sama untuk menanam kopi sampai menanti periode panen datang.

Ada keunikan tertentu yang sudah dilakukan oleh petani lokal di situ dalam menanam kopi itu. Jika sudah, biji kopi hijau dijemur di atas panas matahari. Wewangiannya tercium harum saat biji kopi ini telah dipanggang. Lantas, kopi siap digiling lembut dan diseduh sama air panas.

Dalam pada itu, kopi ini sudah dianggap dunia karena punyai cita-rasa yang oke. Tetapi memang reputasinya tidak dapat menaklukkan kopi arabika Kintamani berasa asam dan harum lemonnya menyodok di hidung.

Nyaris di semua daerah Tabanan, kopi dari Pupuan ditawarkan. Selainnya dapat diminum di situ, lo dapat membawa sebagai oleh-oleh. Harga per kilogramnya dipasarkan murah yaitu kira-kira Rp30 ribu untuk kualitas biasa. Lantas, untuk biji kopi premium kiranya lo harus mengambil kantong Rp45 beberapa ribu.

Jadi bagaimana gan dengan info tentang 3 tipe kopi robusta Indonesia yang populer itu? Mudah-mudahan menjadi tutorial lo di saat ingin pilih tipe kopi robusta yang terbaik dari Indonesia. Dari info di atas, semestinya sebagai masyarakat Indonesia kita harus ikut senang karena dari kopi nama Indonesia populer secara go-international.

Posting Komentar untuk "Jenis Kopi Robusta Terbaik Di Indonesia go-internasional"