Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biji Kopi Arabika Terbaik Di Indonesia, yang Wajib Kamu Coba!


Biji Kopi Arabika Terbaik Di Indonesia
Biji Kopi Arabika Terbaik Di Indonesia


    Biji Kopi Arabika Terbaik Di Indonesia, yang Wajib Kamu Coba!, Kopi Arabika adalah Tipe kopi yang ini sebagai salah satunya varietas paling besar di Indonesia. Banyak usaha kopi atau coffee shop di Indonesia yang memakai kopi arabika. Di Indonesia sendiri dari Aceh sampai Papua mempunyai wilayah pemroduksi kopi arabika.

Pada tiap wilayah mempunyai keunikan atau karakter Kopi Arabika yang berbeda. Perlu Kamu kenali, wilayah pemroduksi Kopi Arabika terbaik di Indonesia datang dari Gayo, Kintamani, Parahyangan, Manggarai, Kalosi, Lintong, Mandailing, sampai Wamena.

Ingin tahu bagaimana karakter Kopi Arabika terbaik di Indonesia? Karena itu baca secara lengkap artikel ini.


1. Gayo


    Tahukah Kamu? Kopi Gayo sebagai varietas kopi arabika yang menjadi satu diantara komoditi favorit. Kopi yang ini datang dari Daratan Tinggi Gayo, Aceh tengah. Customer kopi gayo sendiri bukan datang dari warga Indonesia saja, tetapi warga Internasional.

Karakter yang dipunyai kopi arabika terbaik dari Gayo berikut yang sanggup membuat kopi ini jadi bintang. Lantas bagaimana karakter Kopi Gayo? Berikut watak atau taste catatan dari Kopi Gayo.


Karakter Kopi Arabika Gayo:

  • Tropical Fruit
  • Long Sweet Aftertaste
  • Good Mouthfeel
  • Spice
  • Tingkat keasaman : tinggi
  • Bodi : sedang


2. Priangan atau Parahyangan


    Pemroduksi Kopi Arabika Terbaik di Indonesia yang selanjutnya datang dari Jawa Barat, lebih persisnya Tanah Priangan atau Parahyangan. Ya kopi arabika terbaik di Indonesia yang dari sini dikenali dengan Kopi Java Preanger.

Kopi Java Preanger jadi kopi yang nikmat untuk dicicipi saat kita bertandang ke warung kopi. Penebaran perkebunan kopi java preanger di Jawa Barat ini sendiri mencakup daerah Gunung Cikuray, Papandayan, Malabar, Caringin, Tilu, Taata, Halu, Beser, Burangrang, Tangkuban Perahu, dan Manglayang. [Sumber: kompasiana/Heru Riswan]

Karakter Kopi Arabika Java Preanger:

  • Fermented hint
  • Media Acid
  • Sugar browning
  • Bodi : cukup rendah


3. Kintamani, Bali


    Bali atau yang lebih Kita mengenal dengan Pulau Dewata memang tak perlu ditanya kembali akan kekayaan alam, budaya, dan sejarahnya. Tetapi Bali bukan hanya tempat rekreasi yang menyajikan panorama alam dan budayanya saja. Lebih dari itu, alam bali benar-benar kaya, terhitung hasil kopinya.

Ya Kopi Arabika yang dari Bali, lebih persisnya di Kecamatan Kintamani, dekat Gunung Batur, Kabupaten Bangli. Tipe kopi arabika terbaik di Indonesia ini ditanamkan di ketinggian sekitaran 1000 mdpl.

Asam fresh seperti jeruk (citrusy) sebagai Karakter dari Kopi Bali Kintamani yang paling dikenali. disamping itu wewangiannya yang eksotik dengan rasa jeruk yang menguasai itu, jadikan minum kopi yang ini tidak tinggalkan sisa (aftertaste) di mulut.


4. Kalosi


    Tipe Kopi Asli Indonesia yang ini rupanya telah disukai oleh pasaran manacanegara loh. Satu diantaranya Kopi Arabika terbaik di Indonesia yang dari Kalosi. Adapun beberapa negara sebagai arah khusus export Kopi Toraja salah satunya seperti Amerika dan Jepang.

Tipe kopi arabika terbaik di Indonesia yang ini sendiri memriliki karakter yang unik, ini sesuai rutinitas minum kopi di situ.

Kopi Kalosi umumnya tidak tersisa after taste pahit, after taste pahit ini untuk beberapa orang dirasakan benar-benar mengusik. Tetapi tidak dengan Kopi Arabika Toraja, kesan pahit yang diakibatkan biji kopinya cuman ada pada awal dan akan lenyap dalam sekali teguk.

Kopi Toraja dan sebagian besar kopi yang lain yang tumbuh di Sulawesi condong punyai rasa earthy, alias bersahaja. Kandungan keasaman dari Kopi Arabika Toraja termasuk cukuplah rendah. Bagaimana? ingin mencoba tipe kopi asli Indonesia yang ini?


5. Manggarai, Flores


    Tipe kopi arabika memanglah bisa diketemukan diberbagi pelosok Indonesia. Walau demikian, Tipe Kopi Arabika yang dari Manggarai, Flores mempunyai cita-rasa dan wewangian yang unik dan berlainan dengan yang lain.

Tipe Kopi Asli Indonesia yang ini mempunyai kekentalan yang cukup pekat tetapi keasamannya rendah. Tidaklah aneh Kopi dari wilayah eksotik yang ini menjadi satu diantara Kopi Arabika Terbaik di Indonesia.

Karakter Kopi Arabika Flores :

  • Chocolate
  • Nutty
  • Tropical Fruit
  • Media Bodi
  • Media Acid


6. Wamena, Papua


    Wilayah pemroduksi Kopi Arabika terbaik di Indonesia yang selanjutnya ialah Wamena, Papua. Kopi papua wamena populer mempunyai rasa yang balance dan smooth. Wewangian yang dibuat memiliki nuansa cokelat dan floral yang cukup wangi, bodi media, sweetness yang, dan keasaman yang rendah.

Disamping itu, tipe ini juga hasilkan flavor catatan yang condong earthy dengan kesan herbal dan aftertaste yang dirasa smokey.

Rasa kopi papua wamena termasuk benar-benar unik karena jarang-jarang sekali kopi Indonesia mempunyai kesan floral. Banyak grader yang memiliki pendapat, jika timbulnya wewangian itu dikuasai oleh keadaan penanaman yang tidak memakai pestisida dan senyawa kimia apa saja.

Posting Komentar untuk "Biji Kopi Arabika Terbaik Di Indonesia, yang Wajib Kamu Coba!"